Pura Uluwatu Bali

Pura Uluwatu Bali – Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket Masuk. Setiap wisatawan yang pernah datang ke Bali pasti mengakui pesona keindahan yang hadir di setiap sudutnya. Salah satu objek wisata di Bali yang terkenal hingga ke mancanegara adalah Pura Luhur Uluwatu.

Ini merupakan salah satu dari enam pura utama yang begitu sakral dan bisa Anda temukan di Bali. Selain terkesan magis dan eksotis, Pura Uluwatu ini juga menyajikan berbagai aktivitas seru yang tak kalah dengan destinasi wisata lainnya.

Mengenal Sejarah Pura Uluwatu Bali

Berdasarkan prasasti, Pura Uluwatu ini merupakan usulan dari pendeta suci zaman Majapahit yang bernama Mpu Kuturan. Di tahun 1550, Danghyang Dwijendra sebagai pendeta suci dari Jawa Timur memilih untuk berada di pura ini sebagai akhir perjalanan spiritualnya yang disebut dengan “Ngaluhur”.

Itu sebabnya wisata Pura Uluwatu ini akhirnya dikenal dengan nama Pura Luhur Uluwatu. Bagi umat Hindu yang ada di Bali, percaya jika Danghyang Dwijendra telah mencapai titik spiritual tertinggi ketika tersambar petir aygn dianggap kiriman dari dewa-dewa dan menghilang dari muka bumi setelah peristiwa tersebut.

Daya Tarik Pura Uluwatu Sebagai Tempat Wisata Favorit di Bali Selatan

Bagi umat hindu Bali, Pura Uluwatu Bali adalah salah satu Pura Sad Kahyangan Jagat atau penyangga bagian selatan mata angin pulau Bali.

Uniknya pura ini berada di atas bukit karang dengan ketinggian kurang lebih 90 meter di permukaan air laut. Karena lokasinya yang mengagumkan di atas tebing batu karang yang menjadi asal nama pura Uluwatu. Yang artinya puncak batu.

Pura megah ini berdirinya di pinggir tebing karang membuat wisatawan yang berwisata kesini, bukan hanya bisa nikmati situasi yang sakral dan spiritual, tapi juga panorama yang cantik dan mengagumkan lo…
Selain itu wisatawan yang tiba di kawasan pura Luhur Uluwatu akan melihat luasnya bentangan Samudra India, dengan ombak yang menghantam kaki tebing. Disamping itu, wisatawan dapat nikmati cantiknya panorama matahari terbenam tanpa halangan saat melihat panorama sunset ini.

Selanjutnya, wisatawan yang tidak bawa perbekalan minuman atau makanan, tak perlu khawatir. Karena, di seputaran kawasan pura uluwatu Bali ini ada beberapa warung yang jual minuman dan makanan. Disamping itu, wisatawan secara mudah menemukan banyak restaurant yang menyuguhkan beragam menu minuman atau makanan pada harga yang bervariatif.

Pura Uluwatu Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket Masuk

Lokasi Pura Uluwatu

Untuk menuju ke lokasi wisata Pura Luhur Uluwatu yang ada di desa Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, menyewa motor atau mobil. Jika dari Bandara Ngurah Rai, Anda hanya perlu membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 jam.

Berada di Ujung Jalan raya uluwatu tepatnya di pecatu kuta selatan, Badung. Sangat mudah untuk menemukanya.

Tempat Wisata yang Searah Uluwatu

Jika anda cuma mengunjungi pura Uluawatu Bali saja rasanya kurang lengkap tanpa mengunjungi tempat wisata yang ada di sampingnya yang searah. Diantaranya;

Jika anda memulainya dari Bandara Ngurah Rai, tempat wisata yang searah pura uluwatu adalah;

  1. GWK ( Garuda Wisnu Kencana )
  2. Pantai Jimbaran yang terkenal dengan pusat ikan sekarnya
  3. Pantai Dreamland
  4. Pantai Blue Point
  5. Pantai Padang-padang
  6. Pantai Suluban
  7. Pantai Honeymoon Jimbaran

Banyak tempat wisata yang ada di Bali selatan, namun yang benar-benar searah adalah tempat wisata di atas. Jadi anda bisa mengkombinasikannya dengan mengunjungi tempat wisata pura uluwatu bali ini.

Jam Operasional

Pura Uluwatu ini sebenarnya di buka selama 24 jam setiap harinya. Namun, itu hanya khusus bagi pengunjung yang ingin sembahyang. Sedangkan jam operasional untuk para wisatawan yang datang berkunjung mulai dibuka dari pukul 07.00 – 19.00 Wita.

Harga Tiket Masuk Pura Uluwatu

Terdapat beberapa perbedaan harga tiket masuk wisata Pura Uluwatu yang berlaku untuk wisatawan domestik dan wisatawan asing, dengan perinciannya sebagai berikut:

Kategori                      Wisatawan Domestik              Wisatawan Asing

Parkir Mobil                Rp5.000,00 /mobil                  Rp5.000,00  /mobil

Parkir Motor               Rp2.000,00 /motor                  Rp2.000,00 /motor

Dewasa                       Rp30.000,00 /orang                Rp50.000,00 /orang

Anak-anak                   Rp20.000,00 /orang                Rp30.000,00 /orang

Tari Kecak                  Rp150.000,00 /orang              Rp150.000,00 /orang

Tata Cara Berpakain

Untuk bisa masuk ke area pura, Anda harus mematuhi aturan yang berlaku di sana, salah satunya adalah dalam hal berbusana. Anda wajib mengenakan pakaian yang sopan karena akan memasuki area suci tempat peribadatan.

Selain itu, Anda juga harus mengenakan kain sarung dan selendang yang bisa diikatkan di bagian pinggang. Anda tidak perlu membeli jika lupa tidak membawa selendang atau sarung karena di konter tiket masuk telah tersedia kedua kain tersebut yang biasa dipinjamkan ke setiap pengunjung yang hendak memasuki pura.

Aktivitas Seru yang Ada di Pura Uluwatu

Kawasan Wisata Pura Uluwatu ini tidak hanya menyajikan tempat peribadatan megah yang terletak di atas tebing yang menjulang tinggi. Ada berbagai aktivitas seru yang bisa Anda lakukan selama berada di pura ini.

Mulai dari mencari spot foto terbaik, menikmati indahnya matahari terbenam hingga menonton acara pertunjukan tari Kecak. Sejuta pesonanya bisa membuat Anda enggan untuk meninggalkan lokasi. Sebagai referensi, berikut ini beberapa aktivitas seru yang ada di Pura Uluwatu.

Melihat Arsitektur Pura yang Megah dan Eksotis

Pura Luhur Uluwatu yang terletak di atas tebing batu karang memang terlihat sangat megah, apalagi dengan ketinggian sekitar 97 meter dari atas permukaan laut.

Berada di pura yang satu ini membuat Anda bisa menikmati luasnya Samudra Hindia sambil melihat hamparan ombak yang menerjang di bawah tebing.

Menikmati Sunset yang Memesona

Lokasi wisata Pura Uluwatu yang berada di atas tebing membuat setiap pengunjung bisa menikmati panorama sunset sepuasnya tanpa ada halangan. Untuk bisa menikmati momen terbaik saat berada di Pura ini, Anda sebaiknya datang sekitar jam 17.00 sore.

Ini dikarenakan kondisi cahaya matahari sudah tidak terlalu panas menjelajahi wilayah sekitar atau melihat orang-orang yang surfing di bawah tebing sebelum sunset. Sekitar satu jam kemudian, Anda bisa menyaksikan dan mengabadikan momen saat matahari yang terbenam di batas cakrawala

Tempat Surfing yang paling menantang

Ombak yang ada di bawah tebing Pura Uluwatu memang sangat cocok untuk kegiatan yang satu ini. Bahkan, lokasi ini kerap dijadikan tempat untuk kejuaraan selancar internasional. Itu sebabnya, bagi sebagian wisatawan, aktivitas seru selain menanti sunset adalah menghabiskan waktu dengan surfing.

Melihat Pertunjukan Tari Kecak

Disamping daya tarik arsitektur pura dan kecantikan panorama sunset, wisatawan dapat melihat atraksi salah satu tari tradisional Bali, yakni Tari Kecak Bali. Tari Kecak Uluwatu dilakukan oleh 50 sampai 100 orang penari. Mereka duduk melingkar dan menggunakan kain sarung warna khusus seperti kotak-kotak hitam dan putih.

Setelah puas menikmati sunset yang ada di wisata Pura Uluwatu, Anda bisa masuk ke area pertunjukan Tari Kecak yang berlangsung mulai pukul 18.00 – 19.00 Wita. Pertunjukan tari yang didominasi oleh para laki-laki berjumlah 50-100 orang ini diadakan setiap hari, kecuali pada saat Nyepi.

Ketika Tari Kecak ini dimulai, Anda akan terpukau dengan magisnya penampilan para penari yang terlihat sangat kompak. Dengan background lautan lepas dan langit yang luas dengan warna ungu keemasan di batas cakrawala, membuat momen indah ini tak terlupakan.

Pura Uluwatu Bali

Melihat Kawanan Monyet yang hidup bebas di Area Hutan Uluwatu

Area wisata Pura Uluwatu dikelilingi oleh hutan kecil dengan berbagai flora dan fauna yang menarik. Salah satunya adalah monyet-monyet yang suka merampas dan mencuri barang bawaan para pengunjung yang datang.

Untuk itu, saat memasuki area ini, Anda diharapkan tidak berlaku usil atau menggoda monyet-monyet tersebut. Mereka pada dasarnya baik dan dipercaya sebagai penjaga dan pelindung Pura Uluwatu.

Jadi, sebaiknya simpan barang berharga Anda seperti ponsel, kamera, anting, kalung, dan kacamata dengan baik di dalam tas. Sebagai saran, Anda bisa membeli makanan khusus untuk diberikan ke monyet.

Atau, Anda bisa tolong kepada pawang yang ada di wisata Pura Uluwatu agar perjalanan Anda tetap aman. Sebagai tanda terima kasih, Anda bisa berikan uang sekitar sepuluh hingga dua puluh ribu kepada pawang tersebut.

Fasilitas yang tersedia

Area wisata Pura Uluwatu terasa semakin lengkap karena memiliki fasilitas yang memadai. Selain lahan parkir, terdapat pula toilet, warung, resto, dan cafe dengan beragam variasi makanan yang ditawarkan.

Jika ingin menginap, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai tempat penginapan sebelum melanjutkan petualangan menjelajah objek wisata lain yang ada di sekitar pura. .

Objek Wisata pendukung lainnya di sekitar Pura Uluwatu

Uluwatu tidak hanya terkenal dengan puranya saja yang megah, ada beberapa objek wisata lainnya yang patut untuk Anda kunjungi. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Nyang-nyang beach Uluwatu
  • Kandara Beach Uluwatu
  • Single Beach
  • Tanjung Benoa Water Sports Bali
  • Pasir Pantai Putih Nusa Dua
  • Pantai Pandawa Kutuh
  • Melasti Beach Kutuh

Tempat wisata Pura Uluwatu Bali tidak hanya terkenal dengan kemegahan bangunannya yang berada di atas tebing. Tapi juga mampu menyuguhkan berbagai aktivitas seru yang unik dan menarik mulai dari menonton Tari Kecak yang eksotis dan penuh magis hingga indahnya sunset. Jadi, jangan lupa untuk singgah ke Pura Uluwatu jika Anda berlibur ke Pulau Bali.

Share This Story, Choose Your Platform!

Travel News

Last Post

Pages

Recent Works

Contact Info

Jl. Nuansa Utama XIX No.2, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

Phone: 081217205656

Mobile: 081217205656

Web: www.asbwbali.com