Rafting di Sungai Ayung Ubud

Rafting di Sungai Ayung Ubud – Sungai Ayung lebih jauh untuk dijangkau karena letaknya di Ubud, lebih dekat dengan Kuta atau Denpasar, namun Telaga Waja memiliki tantangan yang sangat menantang dan sangat seru dibandingkan dengan sungai Ayung. Bali yang popular dengan wisata pantainya saja. Saat berkunjung ke pulau ini, sesekali coba mampir ke kawasan wisata Sungai Ayung di Desa Payangan, Ubud, Bali. Sungai Ayung merupakan salah satu sungai di Indonesia yang dijadikan sebagai tempat kegiatan arung jeram atau rafting.

Sungai ini merupakan tempat arung jeram terfavorit dan terbaik di pulau Bali. Wisatawan asing dan lokal juga berkunjung ke tempat ini. Sungai Ayung sendiri memiliki salah satu arum jeram yang tentunya akan menantang dan memacu adrenalin. Kegiatan Rafting di Sungai Ayung Ubud rute perjalanan dimulai dari daerah Payangan dan akan berakhir di Desa Kedewatan. Jarak yang ditempuh sejauh dua belas kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam.

Tak perlu khawatir karena grade (tingkat kesulitan) sungai ini dari dua hingga tinggi. Sungai yang memiliki kadar dua sampai tiga merupakan sungai yang memiliki jeram yang mudah untuk dilalui. Lebar sungainya juga cukup, sehingga cocok untuk wisata arung jeram bersama keluarga atau untuk pemula.

Waktu Untuk Melakukakn Rafting di Sungai Ayung Ubud

Jika Anda ingin melakukan wisata arung jeram di sungai ini, jangan lupa untuk menghubungi salah satu dari beberapa jasa arung jeram yang tersedia. Kegiatan arung jeram biasanya akan dimulai pada pagi hari, yaitu sekitar pukul 08.30 waktu setempat setelah diberi pengarahan oleh instruktur yang berpengalaman.

Selain memiliki panorama yang bagus, di beberapa titik Anda akan menemukan beberapa pahatan tebing yang indah dan besar yang merupakan karya seniman Ubud.

Reaksi Para Wisatawan Sungai Ayung di Kawasan Ubud

Cukup antusias menikmati aliran Sungai Ayung di kawasan Ubud, Kabupaten Gianyar mengaku sangat asyik melakukan kegiatan arung jeram atau rafting. “Pemandangan di sekitar sungai juga terlihat hijau dan dipenuhi persawahan. Mata terasa lebih segar melihat pemandanganya. Airnya juga cukup jernih dan cukup deras. Sehingga kami merasa sangat sejuk berarung jeram di sini,  wisatawan saat arung jeram di Sungai Ayung sangat puas.

Rute Rafting di Sungai Ayung Ubud

Para peserta akan dibriefing oleh instruktur. Dalam sesi pembekalan ini, peserta akan diperkenalkan dengan peralatan arung jeram yang digunakan, seperti jaket pelampung, dayung, perahu karet, posisi duduk di atas perahu, cara menyelamatkan diri jika perahu terbalik. Serta hal-hal lain yang berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan peserta arung jeram.

Baca juga : Pura Uluwatu Bali – Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket Masuk

Setelah sesi pembekalan ini, peserta akan diajak menuju ke area arung jeram yaitu Sungai Ayung. Untuk mencapai lokasi arung jeram ini, peserta akan diajak berjalan kaki selama 30 menit melewati persawahan warga.

Saat melewati areal perkebunan, jalan yang menurutnya cukup terjal. Setelah sampai di lokasi, peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok, satu kelompok untuk satu perahu karet berkapasitas empat hingga enam orang dan didampingi oleh satu orang instruktur.

Setelah peserta siap, aktivitas arung jeram akan dimulai dengan waktu tempuh 2 jam dari titik start hingga titik finish dengan jarak tempuh sekitar 10 kilometer.

Sambil menyusuri aliran Sungai Ayung, peserta akan diajak menjajal derasnya arus dengan beberapa spot medan yang cukup sulit. Selama menjelajah sungai ini, kami menyempatkan diri untuk berfoto di beberapa spot, mulai dari background air terjun, lekukan bebatuan yang terjal hingga background tebing kokoh khas Sungai Ayung.

Selain menikmati derasnya Sungai Ayung, selama perjalanan menuju titik akhir arung jeram, peserta akan disuguhi berbagai macam pemandangan, mulai dari hutan desa yang lebat, hingga tebing-tebing Sungai Ayung yang kokoh dilengkapi dengan ukiran khas Bali. Bahkan jika beruntung, peserta dapat melihat beberapa satwa liar dan burung yang masih hidup bebas di sekitar hutan Desa Ubud.

Penyediaan Fasilitas

Wisatawan diberikan fasilitas pelayanan terbaik untuk memberikan rasa nyaman saat berarung jeram di Sungai Ayung. Fasilitas yang disediakan antara lain penjemputan gratis dari hotel tempat tamu menginap, perlengkapan arung jeram, asuransi, air mineral gratis dan makan siang berdasarkan permintaan.

Ubud tidak hanya terkenal dengan budaya dan pemandangan alamnya yang indah, namun ada sisi lain yaitu Arung Jeram Sungai Ayung yang melegenda. Bagaimana tidak, sungai ini merupakan cikal bakal arung jeram di Bali yang pertama kali terkenal. Hal ini dikarenakan Sungai Ayung yang berada di kawasan industri pariwisata Ubud banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Kabupaten Ubud untuk menikmati alamnya yang sangat terkenal.

Itinerary Paket Arung Jeram Sungai Ayung

  • Penjemputan di hotel atau villa tempat Anda menginap.
  • Perjalanan ke Ubud kurang lebih 1 jam perjalanan dari Pantai Kuta.
  • Makan siang di area finish point yang telah disiapkan untuk Anda.
  • Berkunjung ke objek wisata Bali Bird Park melihat burung-burung lucu dan asyik.
  • Makan malam di lokal restoran lokal.
  • Kami akan mengantar Anda kembali ke hotel atau villa tempat Anda menginap.

Harus dibawa:

  • Peralatan dokumentasi.
  • Perubahan kecil.
  • Pakaian ganti

Arung jeram (River Rafting Bali) merupakan salah satu kegiatan yang wajib anda coba saat liburan ke Bali. Uji adrenalin Anda dan rasakan sensasi bagaimana sensasi menaklukkan jeram sungai bersama keluarga dan teman-teman. Ada 3 (tiga) sungai di Bali yang bisa Anda coba untuk arung jeram.

Yang pertama adalah Sungai Ayung, sungai ini terletak di kawasan Ubud sekitar 1:45 menit dari Kuta. Sungai ini sedikit lebih besar dari Sungai Melangit, tetapi memiliki akses yang lebih sulit dan membutuhkan kaki yang kuat untuk menuruni hampir 300 anak tangga untuk sampai ke titik awal arung jeram. cocok untuk anda yang terbiasa melakukan olahraga/petualangan.

Sungai Terpanjang di Bali

Memilih Sungai Ayung di Bali sebagai salah satu tempat wisata yang ingin Anda kunjungi adalah hal yang tepat. Karena di tempat wisata ini anda bisa merasakan sensasi arung jeram alias arung jeram terbaik yang pernah ada. Hal ini wajar karena dari dulu arus di sungai ini sangat menarik dan menjadi lokasi yang tepat untuk arung jeram.

Uniknya, karena kepopuleran arung jeram di sungai ini. Selain itu, fakta menarik lainnya yang perlu Anda ketahui tentang sungai ini adalah sungai terpanjang di Bali dengan panjang 63 km. Sungai Ayung Ubud memiliki jeram dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Kedalaman rata-rata dari tingkat I-III sekitar 1 sampai 2 meter tergantung pada volume debit air.

Level ini biasanya dijadikan pilihan bagi para pemula yang ingin mengikuti kegiatan arung jeram. Sedangkan level IV-V sering digunakan untuk para profesional dengan medan yang jauh lebih menantang.

Anda bahkan bisa berhenti sejenak di halte yang juga memiliki spot Cliff Jump dengan ketinggian 4 meter. Tentunya jika Anda berkunjung, disarankan untuk memulainya di pagi hari agar Anda bisa puas menikmati arung jeram serta keindahan alam yang begitu memukau di sekitarnya.

Selain itu untuk dapat menikmati pengalaman arung jeram yang memuaskan, silahkan pilih operator arung jeram di sungai ini yang terbaik dan sudah terkenal kualitasnya.

Baca jugaTips Liburan di Bali – Panduan Liburan Hemat Ke Bali

Share This Story, Choose Your Platform!

Travel News

Last Post

Pages

Recent Works

Contact Info

Jl. Nuansa Utama XIX No.2, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

Phone: 081217205656

Mobile: 081217205656

Web: www.asbwbali.com